Mengetahui Sebab-akibat kehidupan.....?????????



Tidak semua orang mengerti apa sebab-akibat kehidupannya. Dengan tidak tahu, maka mereka yang menyadari kalau tidak ada yang sia-sia dalam akan selalu berbuat berbuat baik. Setiap keputusan yang akan mereka ambil, setiap kenyataan yang harus mereka hadapi, kejadian-kejadian menyakitkan, kejadian-kejadian menyenangkan,itu semua akan mereka sadari sebagai bagian dari siklus bola raksasa yang indah, yang akan menjadi sebab-akibat bagi orang lain. Dia akan selalu berharap perbuatannya berakibat bagi orang lain.
Kehidupan manusia itu bagai rintik-rintik kecil.... Bayangkanlah sebuah kolam yang luas.Kolam itu tenang, saking tenangnya terlihat bagai kaca. Tiba-tiba hujan deras turun.Kau bayangkan , ada bermiliar bulir air hujan yang jatuh diatas kolam air, membuat riak....Miliaran rintik yang terus menerus berdatangan, membentuk riak,kecil-kecil memenuhi seluruh permukaan kolam. Begitulahkehidupan ini, bagai sebuah kolam aksasa. Dan manusia bagai air hujan yang berdatangan terus menerus , membuat riak. Riak itu adalah gambaran kehidupan.... Siapa yang peduli dengan sebuah bulir air hujan yang jatuh ke kolam menit sekian, detik sekian? Ada miliaran bulir air hujan lain, bahkan dalam sekejap riak yang ditimbulkan tetes hujan barusan sudah hilang terlupakan, tak tercatat dalam sejarah.
Siapa yang peduli dengan anak manusia yang lahir tahun sekian, bulan sekian, tanggal sekian, jam sekian, menit sekian, detik sekian? Ada miliaran manusia, dan bahkan dalam sekejap, nama, wajah dan apalah darinya segera lenyap dari muka bumi. Ada seribu kelahiran setiap detik, siapa yang peduli dengan kau??????
Jika kau memandang kehidupan dari sisi yang amat negatif. Kalu kau memahami dari sisi positif, maka kau akan mengerti ada yang peduli atas bermiliar-miliar bulir air yang membuat riak tersebut. Peduli atas riak-riak yang kau timbulkan diatas kolam, sekecil atau sekejap apapun riak itu. Dan saat kau menyadari ada yang peduli, maka kau akan selalu memikirkansemua keputusan yang akan kau ambil, setiap perbuatan itu memiliki sebab-akibat....
Siklus sebab-akibat itu sudah ditentukan. Tidak ada yang bisa merubahnya, kecuali satu yaitu kebaikan. Kebaikan bisa merubah takdir.... Nanti kau akan mengerti betapa banyak kebaikan yang kau lakukan tanpa sengaja telah merubah siklus sebab-akibat milikmu. Apalagi kebaikan-kebaikan yang memang sengaja kau lakukan.
Seseorang yang memahami siklus sebab-akibat itu, seseorang yang tahu bahwa kebaikan bisa merubah siklusnya, maka dia akan selau mengisi kehidupannya dengan perbuatan baik. Mungkin semua apa yang dilakukannya, mungkin apa yan, tapi dia tetap mengisinya sebaik mungkin.
Besar kecil nilkai sebuah perbuatan Tuhan yang menentukan, kecil besar pengaruhnya bagi orang lain, Tuhan juga yang menentukan. Bukan berdasarkan ukuran manusia yang amat keterlaluan mencintai dunia ini.

0 Response to "Mengetahui Sebab-akibat kehidupan.....?????????"

Posting Komentar